Kontrakan Murah itu Buruk? Begini Kenyataan dan Fakta Pasar di Lapangan

Bagi seseorang yang belum memiliki dana yang cukup untuk membeli sebuah rumah maka menyewa kontrakan menjadi pilihan terbaik dan termudah yang bisa diambil. Meskipun mudah untuk menyewa kontrakan, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin mengontrak, agar nantinya Anda akan terhindar dari resiko-resiko yang tidak diinginkan.

Saat ini sudah tersedia berbagai macam penawaran rumah kontrakan, mulai dari yang murah hingga yang mahal. Untuk sebagian orang kalangan menengah ke bawah pasti akan memiliki kontrakan murah. Namun, apakah kontrakan murah itu bagus atau malah justru sebaliknya?


Fakta Pasar Kontrakan Murah di Lapangan

Berikut ini ada beberapa penjelasan tentang fakta pasar kontrakan dengan harga yang murah.

1. Kondisi kelayakan kontrakan rumah

Kondisi rumah kontrakan, menjadi salah satu hal yang paling diperhatikan sebelum memutuskan untuk mengontrak. Kondisi dari bangunan rumah yang akan disewakan dapat menggambarkan kelayakan dari rumah tersebut. Sesuai dengan harga kontrakan murah yang ditawarkan, biasanya kondisi rumahnya pun sangat menyesuaikan.

Jadi, jika Anda lebih memilih menyewa rumah kontrakan dengan harga yang murah, maka jangan kaget jika kondisi rumahnya tidak sebagus dari kontrakan yang jauh lebih tinggi harganya. Meskipun rata-rata rumah kontrakan murah memiliki kelemahan dalam kondisi rumahnya, namun tidak semua kontrakan murah seperti itu. Terkadang, ada beberapa orang yang beruntung dan mendapatkan rumah layak huni yang sangat nyaman.

2. Fasilitas rumah kontrakan murah

Tidak hanya kondisi rumah, seseorang pun biasanya lebih tertarik dengan sebuah hunian kontrakan yang memiliki fasilitas lengkap. Pada umumnya, sebuah rumah dengan harga yang tinggi, sudah pasti memiliki beberapa fasilitas tambahan yang disertakan dengan promo harga awal. Jadi, saat Anda menyewa sebuah rumah, Anda tidak perlu kerepotan membeli barang ini dan itu untuk kebutuhan sehari-hari Anda. Namun, sayangnya untuk rumah kontrakan murah, akan sulit bagi Anda untuk mendapatkan fasilitas yang lengkap.

Untuk harga rumah kontrakan murah, biasanya tidak ada ketersediaan fasilitas lengkap atau bisa dikatakan fasilitasnya ala kadarnya. Oleh sebab itu, jika Anda ingin kelengkapan fasilitas tambahan maka Anda harus melengkapinya sendiri. Beberapa fasilitas kontrakan yang biasanya tidak ditemukan promo harga kontrakan murah ialah fasilitas tagihan seperti: cicilan air, cicilan, listrik, air bersih, dan masih banyak lainnya. Untuk mendapatkan fasilitas tersebut maka seseorang harus berani membayar lebih.

3. Letak rumah kontrakan

Berbeda dengan kontrakan yang harganya mahal, kontrakan murah biasanya terletak di lokasi yang kurang strategis. Jika ingin mendapatkan kontrakan yang dekat tempat kerja, dekat kampus, atau fasilitas umum lainnya, biasanya harga sewa rumah Jakarta Barat jauh lebih tinggi. Inilah perbedaan antara kontrakan rumah murah dan mahal, yaitu pada lokasinya. Anda harus memutuskan baik-baik karena ada konsekuensi yang diterima.

4. Kenyamanan kontrakan rumah

Hampir semua orang pasti menginginkan kontrakan dengan harga murah. Selain harganya yang terjangkau, customer pun pasti menginginkan kondisi kontrakan yang bersih dan terjaga. Hal itu karena kenyamanan merupakan hal pertama yang dapat membuat seseorang betah tinggal di rumah. Jika pada umumnya rumah kontrakan mahal memiliki kenyamanan yang ok, tapi beda ceritanya dengan rumah kontrakan murah.

Rumah kontrakan murah biasanya memiliki lokasi yang jauh dari perkotaan dan bahkan rumah ini memiliki letak di lokasi yang jauh dari kata bersih. Dengan begitu, kebersihan dan kenyamanannya pun kurang terjaga. Meskipun beberapa kontrakan murah ada yang memiliki letak yang bagus dan strategis, namun buktinya kebanyakan kontrakan murah memiliki lingkungan sekitar yang kurang baik.

Demikianlah fakta pasar kontrakan dengan harga yang murah. Hampir kebanyakan kontrakan dengan harga yang murah memiliki fasilitas dan kualitas yang kurang memuaskan. Meskipun tidak buruk, namun terkadang kurang pas di hati.