Fakta Hubungan Antara Kecerdasan dan Lingkungan Sekitar

Kecerdasan merupakan salah satu pembawaan individu sejak lahir. Setiap orang memiliki tingkat kecerdasan sendiri-sendiri. Namun fakta membuktikan bahwa kecerdasan seseorang tidak hanya bergantung pada faktor genetik saja. Kecerdasan seseorang juga dipengaruhi oleh lingkungan, baik lingkungan keluarga atau pun lingkungan sekitarnya.


Fakta Hubungan Kecerdasan dengan Lingkungan Keluarga

Lingkungan sangat berpengaruh pada kecerdasan seseorang. Tingkat intelegensi anak-anak dapat dipengaruhi oleh tempat tinggal. Anak-anak yang tinggal di lingkungan yang baru bisa mengalami perubahan kecerdasan. Baik faktor lingkungan keluarga maupun lingkungan tempat tinggal, ini akan sangat berpengaruh pada kecerdasan seseorang

Keluarga menjadi faktor yang mendukung kecerdasan anak yang paling utama. Anak akan menghabiskan waktu yang sangat banyak di dalam lingkungan keluarga. Jika di dalam keluarga memiliki orang tua dengan tingkat intelegensi yang tinggi, maka anak-anak juga memiliki peluang yang besar untuk memiliki kecerdasan yang tinggi.

Untuk menjadikan seorang anak menjadi cerdas, stimulasi sangat penting untuk dilakukan. Stimulasi bisa dilakukan dengan cara fisik maupun emosional atau mental anak. Anak-anak tidak membutuhkan orang tua yang cerdas saja, namun butuh orang tua yang mampu memberikan stimulasi kepada anak-anaknya.

Orang tua bisa menstimulus anak-anaknya dengan cara memberikan rasa nyaman sejak kecil dan mencurahkan kasih sayang yang besar untuk anak. Lingkungan keluarga yang memberikan nilai moral juga akan membuat anak memiliki potensi kecerdasan yang maksimal. Sebaliknya, jika tidak ada stimulasi yang baik atau pola asuh yang buruk dari orang tua, ini akan membuat anak menjadi bingung, stres, dan dampaknya membuat tingkat kecerdasannya menjadi kurang maksimal.

Pengaruh Lingkungan Sekitar Terhadap Kecerdasan Anak

Sudah jelas dan pasti bahwa kecerdasan tidak muncul begitu saja pada setiap orang. Ada banyak potensi luar yang harus diberikan. Kecerdasan sendiri juga bisa terjadi karena ketekunan dalam mempelajari sesuatu hal. Selain pendidikan yang diberikan orang tua, namun pengaruh lingkungan juga berdampak besar bagi kecerdasan anak.

Anak yang mendapatkan lingkungan sekitar yang baik akan memiliki sikap yang santun dan tidak neko-neko. Ini membuat potensi kecerdasannya menjadi meningkat. Apalagi jika anak-anak memiliki teman dan sahabat yang baik. Ini juga akan berpengaruh besar pada tingkat kecerdasan yang dimilikinya.

Berikutnya, lingkungan sekolah juga merupakan salah satu pendukung tingkat kecerdasan anak. Anak yang tidak mengenyam pendidikan pastilah akan memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda dengan anak-anak yang memiliki pendidikan yang tinggi. Bagaimanapun juga, sekolah menjadi rumah kedua bagi anak untuk belajar pengetahuan dan nilai-nilai kehidupan.

Orang tua bisa memilihkan sekolah terbaik untuk anak untuk mendapatkan potensi tingkat kecerdasan yang maksimal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kecerdasan setiap orang bukan semata-mata terjadi karena faktor keturunan saja. Tidak dipastikan bahwa orang yang memiliki kecerdasan yang tinggi melahirkan anak-anak yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi pula. Faktor lingkungan juga berpengaruh besar terutama lingkungan keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat sekitar.