Cara Sopan dan Cerdas Menghindari Tetangga Buruk di Masyarakat

Sopan santun dapat ditunjukkan oleh seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini terlihat dari bagaimana dia memperlakukan orang lain. Di Indonesia sendiri, nilai sopan santun sangat dijunjung tinggi saat seseorang sedang melakukan komunikasi kepada orang lain, terutama ketika berbicara dengan orang yang lebih tua.


Namun, sayangnya tidak semua orang dapat menerapkan nilai sopan santun tersebut dengan baik. Salah satu contohnya ialah adanya tetangga yang memiliki sikap dan kebiasaan buruk. Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk menghadapinya?

Inilah Cara Paling Sopan dan Cerdas Dalam Menghindari Tetangga Buruk di Masyarakat

Dalam menerapkan nilai sopan santun, kita tidak boleh memandang status orang lain, karena miskin dan kaya semuanya sama. Jadi kita harus memperlakukan mereka dengan tindakan yang sama. Jika Anda memiliki tetangga yang buruk dan Anda berniat untuk menjauhinya, maka ini cara yang baik dan sopan untuk dilakukan, antara lain:
Menjaga jarak dengan tetangga Anda

Langkah yang paling cerdas untuk menghindari tetangga yang bersifat buruk, Anda harus mulai memberikan jarak pada hubungan kalian berdua. Jika tetangga Anda mengajak untuk kumpul-kumpul atau meminta Anda untuk menemaninya ke suatu tempat, Anda bisa menolaknya secara halus. Anda bisa memberikan alasan yang tepat mengapa Anda tidak bisa memenuhi permintaannya. Jika alasan Anda logis, dia pasti akan mengerti sehingga tidak akan merasa tersinggung. Dengan demikian, hubungan kalian pun masih terjaga dengan baik.

Mencari kesibukan sendiri

Agar tidak terpengaruh dengan tetangga Anda yang memiliki sifat buruk, usahakan Anda memiliki kesibukan sendiri untuk mengalihkan perhatian. Beberapa contoh kesibukan positif yang bisa Anda lakukan ialah silaturahmi ke tempat saudara, membereskan dan membersihkan rumah, memperbaiki rumah, dan masih banyak kegiatan positif lainnya. Kegiatan-kegiatan tersebut akan mengalihkan perhatian Anda sehingga tidak terlalu banyak bergaul dengan tetangga tersebut.

Tetap menjaga hubungan dengan baik namun membatasinya

Jika Anda memiliki tetangga yang bertabiat buruk, maka jangan tunjukan padanya jika Anda tidak menyukainya. Tetaplah bersikap ramah dan saling menyapa namun seperlunya saja dengan kata lain tidak lebay atau berlebihan. Jika Anda memiliki waktu sedikit untuk mengobrol dengannya, maka selipkan obralan tersebut dengan nasihat-nasihat untuknya tanpa terkesan menggurui. Cara tersebut justru lebih ampuh untuk membuat tetangga Anda menjadi peka.

Berkumpul dengan orang-orang yang baik

Jika Anda sudah tidak bisa lagi berhubungan dekat dengan tetangga yang memiliki sifat buruk, maka carilah tetangga yang bertabiat baik. Mulailah berkumpul dengan orang-orang yang memiliki akhlak baik dan shalih atau shalilah. Dengan demikian maka Anda pun akan terdorong menjadi pribadi yang baik pula.

Memperbaiki diri sendiri

Perlu dipahami bahwa saat seseorang mendapatkan perlakukan atau sikap buruk dari orang lain, belum tentu ia menjadi yang paling benar. Justru hal ini dapat menjadi cerminan diri Anda sendiri mengapa orang lain berani bersikap sedemikian rupa pada Anda.

Oleh sebab itu, saat seseorang mulai tidak sopan dengan Anda, cobalah untuk introspeksi. Jika Anda pun memiliki sikap dan perilaku yang kurang pantas, wajar saja jika orang lain pun akan melakukan hal yang sama. Untuk itu, belajarlah untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi agar orang lain pun akan segan terhadap diri Anda.

Itulah 5 nasihat baik bagaimana cara bersikap sopan dan cerdas untuk menghindari tetangga yang memiliki sifat yang buruk. Tanpa harus memutuskan hubungan pun, Anda buktinya masih dapat menghindari seseorang yang memiliki pengaruh buruk dalam pergaulan dengan cara yang baik.